Riset Sebagai Strategi Pemasaran | Research Design Methods

You are here:
Home » Article, Research Design » Riset Sebagai Strategi Pemasaran

Riset Sebagai Strategi Pemasaran

 

Bagi Anda yang bekerja dalam suatu perusahaan ataupun yang sedang mengenyam pendidikan tinggi tentu sudah tidak asing dengan istilah riset. Riset pada intinya merupakan sebuah aktivitas untuk memperoleh informasi yang akurat. Di era pasar global seperti sekarang ini perusahaan-perusahaan besar bahkan menjadikan riset sebagai strategi perusahaan untuk memenangkan pasar yang semakin kompetitif. Pada bagian pertama buku kita akan membahas mengenai peran penting riset dalam bisnis dan apa saja yang perlu diperhatikan ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk melakukan riset.

Riset Sebagai Strategi Pemasaran

Perkembangan yang luar biasa dalam bidang teknologi dan informasi membuat pasar seolah menjadi tidak memiliki batas. Era yang serba digital memungkinkan produsen memasarkan produknya ke berbagai belahan dunia. Jika dahulu produsen hanya memikirkan bagaimana menguasai pasar di Jawa sekarang perusahaan berpikir bagaimana agar produknya dapat menguasai sebagian pasar di Eropa, Amerika, dan Afrika. Perkembangan teknologi sekarang memang memungkinkan pemasar mengenalkan produknya ke masyarakat internasional, namun untuk membuat produk tersebut diminati dan laku dijual tidak seperti membalikan telapak tangan. Pemasar harus mengetahui bagaimana karakteristik pasar yang akan disasar tersebut dan tentu hal ini membutuhkan riset yang handal. Seringkali riset untuk memahami perilaku konsumen memakan waktu yang lama, bahkan akan terus berlanjut. Hal ini karena setiap masyarakat memiliki karakteristik demografi yang berbeda dan karakteristik tersebut dapat berubah sejalan perubahan waktu.

Sebagai seorang pemasar kita harus menyadari konsumen sudah semakin pintar. Pada tahun 1980-an kita mungkin masih bisa “memaksa” konsumen untuk membeli produk yang produksi. Berbeda dengan sekarang. Jika kita memaksa konsumen justru akan membahayakan posisi kita di pasar. Konsumen modern hanya akan membeli produk yang mereka nilai dapat memberikan nilai lebih bagi mereka. Tidak hanya sekedar “cukup” untuk memenuhi kebutuhan mereka. Konsumen modern menginginkan sesuatu yang bahkan lebih dari apa yang bisa mereka pikirkan. Akibatnya produsen dituntut untuk lebih kreatif lagi sehingga bukan hal asing jika sebagian besar produk yang ada di pasar saat ini hampir 90% dari komponen produk adalah tambahan, sementara produk intinya hanya 10%. Ketika membeli sebuah laptop konsumen mungkin akan lebih laptop dengan spesifikasi biasa saja namun memberikan layanan purna jual yang baik dan pembayaran yang mudah, dibandingkan laptop dengan spesifikasi yang luar biasa pada level harga yang sama. Kecepatan waktu saat ini menjadi faktor pertimbangan yang penting bagi konsumen, sehingga produsen yang dapat menyediakan produk lebih cepat akan lebih diminati oleh konsumen.

Pasar memang telah berubah dan akan terus berubah karena karakteristik manusia yang dinamis. Perubahan-perubahan tersebut merupakan tantangan sekaligus peluang bagi seorang pemasar. Jika kita dapat mempersiapkan perubahan yang terjadi di masa depan maka hal itu akan menjadi peluang bagi kita. Buku ini akan membantu Anda untuk mempersiapkan strategi manajemen yang tepat dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan pasar yang semakin dinamis dengan memanfaatkan instrumen yang bernama riset. Pada bagian berikutnya dari buku ini Anda juga akan mendapatkan sejumlah materi bagaimana membuat desain riset yang efektif dan efisien.

     

Comments are closed.

Nov
13
2015