Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Sponsor Survei | Research Design Methods

You are here:
Home » Article, Research Design » Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Sponsor Survei

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Sponsor Survei

 

Seperti yang sudah disebutkan, survei merupakan teknik riset yang paling populer bahkan dikalangan industri (dalam hal ini perusahaan-perusahaan). Sebagian perusahaan biasanya memiliki departemen sendiri yang bertugas untuk melakukan riset, namun sebagian lainnya memilih menggunakan jasa perusahaan riset. Perusahaan yang sudah memiliki departemen riset sendiri pun tidak jarang menggunakan jasa perusahaan riset. Perusahaan yang menggunakan jasa pihak lain untuk melaksanakan sebuah riset disebut dengan sponsor. Keputusan untuk menggunakan jasa pihak lain untuk melakukan riset atau tidak tergantung pada tujuan riset dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Biasanya perusahaan cenderung lebih suka menggunakan jasa pihak ketiga (perusahaan riset) karena data yang diperoleh lebih lengkap, informasi yang disediakan lebih independen, dan waktu pengerjaan yang lebih cepat.

Meskipun menggunakan jasa perusahaan riset menawarkan sejumlah keunggulan, perusahaan perlu melakukan empat hal berikut agar riset menjadi efektif dan tidak membuang sumber daya sia-sia:

  1. Lengkapi pelaksana survei dengan informasi yang cukup mengenai latar belakang mengapa survei perlu dilakukan. Perusahaan sponsor perlu juga menambahkan isu-isu terbaru. Lakukan diskusi dengan perusahaan riset agar perusahaan riset memahami dengan jelas permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
  2. Indikasikan informasi seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Setiap perusahaan yang melakukan riset tentu memiliki masalah yang berbeda. Ada perusahaan yang melakukan riset untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan sehingga perusahaan dapat merancang program untuk mempertahankan pelanggan. Namun ada juga perusahaan yang melakukan riset hanya untuk mengetahui pasar apa yang masih potensial.
  3. Perusahaan sponsor harus menjelaskan keputusan atau tindakan apa yang akan diambil berdasarkan hasil survei.
  4. Perusahaan sponsor perlu menjelaskan jangka waktu dan biaya yang dapat disediakan untuk melaksanakan survei.
    Perusahaan riset biasanya juga menyediakan jasa konsultasi untuk para sponsornya. Tujuan utama dari konsultasi tersebut adalah untuk merencanakan riset yang efektif dan efisien. Konsultasi dan diskusi yang rutin juga merupakan sebuah cara untuk mengontrol agar survei dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan.
Posted by Tags: , 0 Responses
     

Comments are closed.

Nov
16
2015