Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Pelaksana Survei | Research Design Methods

You are here:
Home » Article, Research Design » Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Pelaksana Survei

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Oleh Pelaksana Survei

 

Pada pertemuan pertama antara perusahaan sponsor dan pelaksana survei umumnya membahas perencanaan survei. Pada pertemuan tersebut perusahaan sponsor menjelaskan permasalahan mereka, tujuan survei, dan juga sumber daya yang tersedia. Perusahaan sponsor kemudian akan menanyakan metode apa yang akan dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa survei untuk menjawab kebutuhan infomasi tersebut. Oleh karena itu beberapa hal berikut perlu dilakukan oleh perusahaan pelaksana survei:

  1. Pelaksana survei perlu memberikan penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan masing-masing metode survei sesuai dengan tujuan survei itu sendiri.
  2. Sebelum melakukan pertemuan dengan sponsor sebaiknya perusahaan riset mempersiapkan berbagai informasi yang dapat melengkapi latar belakang survei.
  3. Definiskan masalah berdasarkan problem, issue dan ketidakpastian yang dihadapi oleh sponsor.
  4. Tidak ada salahnya menanyakan kepada sponsor keputusan atau tindakan apa yang akan diambil berdasarkan hasil survei.
  5. Hitung waktu dan juga biaya pelaksanaan survei.
  6. Jelaskan bantuan apa saja yang dapat disediakan oleh perusahaan riset.
  7. Tingkatkan kepercayaan sponsor mengenai riset yang akan dilaksanakaan. Jelaskan bagaimana perusahaan menjaga validitas hasil survei, ketepatan waktu pelaksanaan dan sebagainya.
    Kerja sama antara perusahaan sponsor dengan perusahaan penyedia jasa riset akan menjadi simbiosis mutualisme jika disertai dengan komunikasi yang baik. Seringkali perusahaan sponsor tidak puas dengan informasi yang disajikan oleh perusahaan riset karena informasi tersebut dianggap tidak dapat menjadi titik terang dari masalah yang dihadapi. Oleh karena itu antara perusahaan sponsor dengan perusahaan riset harus terjalin komunikasi yang baik. Perusahaan riset mengetahui berbagai teknik survei, namun yang paling mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan sponsor adalah mereka sendiri. Dengan mengkomunikasikan kebutuhan informasi tersebut, perusahaan riset dapat membantu merancang desain riset yang terbaik agar hasil riset menjadi maksimal. Materi mengenai desain riset akan kita bahas pada bab berikutnya.
Posted by Tags: 0 Responses
     

Comments are closed.

Nov
17
2015